Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

//

Breaking News:

latest

Sosialisasi Program Megister dan Doktor Sekolah Pascaserjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

STAIN PAREPARE -- Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah hadir  di STAIN Parepare laksanakan sosialisasi pascaserjana program   megist...

STAIN PAREPARE -- Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah hadir  di STAIN Parepare laksanakan sosialisasi pascaserjana program   megister dan doktor selasa, 28 November 2017 di Ruang seminar Pascaserjana STAIN Parepare.



Prof. Dr.  Didin Saepuddin, MA selaku wakil direktur 1 bidang akademik SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan bahawa sekolah pascaserjana  UIN Syarif Hidayatullah yang didirikan pada tahun 1982 sebagai bentuk tingkat pendidikan megister dan doktor bidang pengkajian islam yang tertua di Indonesia dengan visi pascaserjana uin mengintegrasikan keislaman, keilmuan, keindonesian dan kemanusiaan untuk mengantarkan uin sebagai internationakl research university dengan motto "membaca dunia dan di baca dunia". ungkapnya.

Sekolah pascaserjana UIN  saat ini bertujuan untuk menghasilkan  lulusan yang memiliki pemahaman dan wawasan keislaman yang komprehensip mempunyai keahlian dalam pengembangan ilmu agama islam sesuai bidang yang ditekuni, kesadaran ilmiah yang terbuka dan responship dengan itu pascaserajana dapat menghasilkan calon-calon ulama yang memiliki wawasan akademik atau calon-calon akademisi intelektual yang memiliki wawasan keislaman dari berbagai disiplin keilmuan.

keunggulan UIN Syarif Hidayatullah yakni, dosen jika  dibandingkan dengan kampus-kampus lain yang ada di Indonesia ini  memiliki kapasitas yang baik. baik dari segi pemikiran,  segi produk, karya ilmiah serta dari segi reputasi internasionalnya dan UIN Jakarta sudah banyak mencapai keberhasilan tersebut.

sekolah pascaserjana telah mendapatkan kepercayan yang sangat luas baik didalam maupun di luar diluar negeri, hal ini di tandai oleh banyaknya para mahasiswa yang tidak hanya dari indonesia tapi juga dari manca negara.

program megister dan doktor UIN Syarif Hidayatullah memiliki dua peminatan, satu konsentrasi yakni peminatan pada bidang tertentu yang merupakan bagian dari disiplin ilmu agama islam meliputi :

  1. tafsir hadis

  2. pemikiran islam

  3. hukum islam

  4. pendidkan islam

  5. dakwah

  6. sejarah peradaban islam

  7. bahasa dan sastra arab

  8. ekonomi islam dan

  9.  politik islam


yang kedua adalah lintas disiplin yakni peminatan bidang keilmuan atau kajian tertentu yang merupakn bentuk kajian islam dalam perspektif disiplin ilmu-ilmu sosial, humaniora,  ilmu alam meliputi sosiologi, antropologi, ilmu politik, ilmu komunikasi, ilmu ekonomi, filsafat, psikologi, filologi, ilmu hukum, lingkungan, gender, kedokteran, kesehatan dan lain-lain.

UIN Syarif Hidayatullah sampai hari ini  telah menghasilkan 1076 doktor dan 2313 magister yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Banyaknya mahasiswa yang berminat di UIN Syarif Hidayatullah dikarenakan kualifikasi dosennya sebagian besar bergelar professor dan memiliki reputasi nasional dan internasional.



kegiatan ini di hadiri oleh direktur pascaserjana STAIN Parepare Prof. Dr. H. Abd. Rahim Arsyad,  M. A., wakil ketua I bidang akademik dan kelembagaan Muh. Djunaedi M. Ag serta civitas akademik  STAIN Parepare.

 

 

 

 

Tidak ada komentar