Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

//

Breaking News:

latest

Antusias Calon Mahasiswa Baru, Jalur UM-PTKIN 2018

IAIN Parepare--- Panitia penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan ujian pada jalur kedua penerimaa...

IAIN Parepare--- Panitia penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan ujian pada jalur kedua penerimaan yakni Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagaaman Islam Negeri (UM-PTKIN), Selasa (22/05). Sebanyak 1540 peserta mengikuti ujian yang tersebar pada setiap ruangan kelas yang ada di kampus IAIN Parepare.

Dr. Zainal Said ketua pelaksana ujian menjelaskan terdapat dua tipe ujian yakni Paper Based Test (PBT) dan  Computer Based Test (CBT). PBT adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis sedangkan Computer Based Test (CBT) di mana ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT.

[caption id="attachment_8084" align="alignnone" width="300"] Tipe ujian Computer Based Test (CBT)[/caption]

Rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad Sultra Rustan yang turut ikut memantau langsung pelaksanaan UM-PTKIN melihat antusias calon mahasiswa baru. "Kelihatannya mereka sangat antusias untuk mengikuti ujian sehingga nampak sekali kalau calon mahasiswa ini mempunyai harapan yang besar untuk diterima sebagai mahasiswa baru pada IAIN Parepare," ungkap Ahmad Sultra Rustan saat ditemui memantau di gedung Syariah, IAIN Parepare.



Lebih lanjut ia menjelaskan dari tiga ribuan peserta yang mendaftar melalui jalur SPAN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional) PTKIN dan UM-PTKIN tidak semua pendaftar bisa diterima. Hal ini dikarenakan adanya pembagian porsi kuota yang dibatasi dengan mempertimbangkan perbandingan antara rasio dosen dan mahasiswa yang belum mencukupi.

Di samping itu, Dr. Ahmad Sultra Rustan juga menekankan tidak ada afirmasi dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut. "Mulai dari rektor sampai pada cleaning service tidak ada pesanan-pesanan bahwa tolong dibantu anak mereka untuk lulus. Kita di sini murni melakukan seleksi karena kami anggap bahwa ini adalah sebuah amanah yang harus kita jalankan dengan penuh tanggungjawab," ujar Ahmad Sultra Rustan.

Usai ujian dilaksanakan, para pengawas ujian yang merupakan dosen IAIN Parepare langsung mengumpulkan lembar jawaban dan berita acara kepada panitia pelaksana.

[caption id="attachment_8087" align="alignnone" width="300"] Tempat Pengumpulan, Gedung Rektorat Lantai 1[/caption]

 

Tidak ada komentar