Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

//

Breaking News:

latest

Terakreditasi, Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum

IAIN Parepare--- Kabar gembira datang dari jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Pasalnya jurnal D...

IAIN Parepare--- Kabar gembira datang dari jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Pasalnya jurnal Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum akhirnya terakreditasi (24/12).



Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum merupakan jurnal yang paling tua di IAIN Parepare, jurnal ini telah ada sejak 2003 yang konsisten terbit secara berkala dalam dua kali setahun dengan fokus kajian studi Ilmu Syariah, hukum Islam, dan ekonomi Islam meliputi: ruang lingkup ibadah, hukum tentang keluarga atau hukum badan pribadi (ahkam al-ahwal al-syakhshiyyah, hukum tentang kebendaan (al-ahkam al-madaniyyah, hukum pidana (al-ahkam al-jinaiyayah), hukum acara (al-ahkam al-murafa’at), hukum ketatanegaraan (al-ahkam al-dusturiyyah), hukum internasional (al-ahkam al-dauliyyah), dan hukum ekonomi dan keuangan (al-ahkam al-iqtishadiyyah wa al-maliyyah).

[caption id="attachment_9403" align="alignnone" width="212"] Lihat Jurnal[/caption]

Wakil Ketua Redaktur jurnal Diktum,  Dr. M. Ali Rusdi Bedong mengungkapkan tepatnya pada bulan Oktober 2018, pihak pengelola jurnal Diktum menerima undangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk mengikuti workshop persiapan akreditasi jurnal yang dilaksanakan di Makassar. Workshop tersebut dilakukan guna persiapan proses pendaftaran di Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) dalam rangka pengusulan akreditasi.

“Alhamdulillah prosesnya begitu cepat. Bulan Oktober kami dari pengelola mendaftar, tepatnya tanggal 18  Desember 2018 sudah terbit SK Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti No. 34/E/ KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2018,” jelas Dr. M. Ali Rusdi Bedong.

Pada tahun 2018 berdasarkan surat keputusan. Rektor IAIN Parepare No.10 Tahun 2018 tentang pengelola DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum dengan menunjuk Ketua Redaktur Dr. Fikri, S.Ag., M.HI., Wakil Ketua Redaktur Dr. Muh. Ali Rusdi Bedong, M.HI., Redaktur Pelaksana diantaranya Aris, M.HI., Dr. H. Abdul Syatar, M.HI., Andi Baso Pallawagau, MA., Muhammad Majdy, Lc., M.MA., Dr. Muhammad Ilham, M.Fil.I.

[caption id="attachment_9401" align="alignnone" width="300"] Foto training: dibimbing oleh Muhammad Haramain, M.Sos.I[/caption]

Berbagai upaya terus dilakukan, sejak tahun 2017 para pengelola melakukan training secara intensif setiap malam Rabu selama empat bulan. Hingga tahun 2018, training tetap dilanjutkan. “Masih melanjutkan kegiatan pada tahun 2017 dengan melakukan training yang dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juli dengan mempelajari lebih mendalam sistem Open Journal Systems (OJS) versi 3,” ungkap Ketua Redaktur, Dr. Fikri.

Sementara pelaksana tugas (Plt) Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Parepare, Budiman menyampaikan selamat atas  keberhasilan pengelola mengantarkan jurnal DIKTUM terakreditasi.

“Capaian ini bukan kerja baru kemarin, tetapi melalui proses panjang dan  berkesinambungan dari tahun ke tahun khususnya 4 tahun terakhir dan wujud dari usaha tidak mengenal lelah dari pengelola yang bekerja  dengan spirit keikhlasan dan  keberkahan,” ungkap Budiman.

Lebih lanjut Budiman mengungkapkan pencapaian tersebut merupakan kado istimewa baginya.

“Pencapaian ini merupakan kado istimewa di akhir masa jabatan saya selaku Ketua Jurusan. Semoga pencapaian ini semacam sinyal kuat bahwa saya husnul khatimah dalam mengemban amanah yang begitu berat namun mulia ini,” ungkap Budiman saat diwawancarai via whatsapp (23/12).



Tidak ada komentar